Khasiat Tanaman Lobak

Banyak orang yang kurang menyukai lobak karena rasanya yang sedikit pedas serta memiliki bau khas yang agak menyengat. Padahal rasa pedas yang dihasilkan dari senyawa glikosida yang terdapat pada buah dan daun lobak dapat menyembuhkan rasa ngilu di perut. Buah itu juga dapat mengatasi insomnia atau kesulitan tidur.

Lobak (Raphanus sativus) merupakan tumbuhan semusim yang masih sekelurga dengan kobis dan brokoli. Diduga tanaman ini berasal dari Asia Barat dan Eropa. Ciri khasnya memiliki ketinggian sekitar 1 meter dengan batang yang lunak membentuk umbi bewarna putih pucat. Daunnya tunggal dengan buah lonjong berwarna cokelat.

Khasiat Tanaman Lobak

Ciri khas utama adalah rasanya yang sedikit pedas dengan bau khas yang agak menyengat.

Kandungan.

Lobak mengandung karbohidrat, energi, vitamin, mineral, kalori, protein, lemak, kalsium, fosfor, serat, zat besi, vitamin B1, vitamin B2, Vitamin C, niacin, rafarin, rafanol dan minyak atsiri.

Khasiat.

Kandungan glucosinolates dalam akar dan daun tanaman horseradish (sejenis lobak) bisa meningkatkan kemampuan tubuh dalam mendetoksifikasi karsinogen dan menekan pertumbuhan tumor.

Sebagian masyarakat mempercayai bahwa lobak dapat mengatasi beberapa penyakit, antara lain :

  • Menyembuhkan demam.
  • Mengatasi sulit tidur atau insomnia.
  • Mengatasi batuk dan bronkhitis.
  • Mengusir wasir.
  • Menetralisir racun rokok.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

cara melebatkan bulu kemaluan, pepek anak SD, DAUN wisa, cara membuat handbody racikan makassar, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri