Wijen Mempunyai Banyak Manfaat

Tumbuhan yang berasal dari Afrika Tropis ini dapat tumbuh pada ketinggian 1-1.000 meter di atas permukaan laut. Letak daunnya saling berhadapan, bertangkai panjang, dan lebih sempit. Bunganya tertancap di antara dua kelenjar, bertangkai pendek, dan warna bunganya putih atau ungu. Mahkota bunganya berambut dan berlendir seperti kelopaknya. Bunganya berbentuk tabung yang membengkok ke bawah. Buahnya berambut lebat, berbentuk segi empat tumpul panjang. Satu buah bisa berisi lebih dari 50 biji. Baik dalam bentuk bijinya maupun minyak, wijen memiliki aroma khas yang wangi. Selain sebagai pencampur makanan, wijen juga mengandung khasiat obat.

Menurut Prof HM Hembing Wijayakusuma dalam bukunya Tumbuhan Berkhasiat Obat Indonesia, wijen berkhasiat memperbanyak air susu ibu (lactagoga) dan mencegah kanker dan penuaan. Khasiat wijen didapat dari kandungan zat-zat kimia yang diketahui lewat sejumlah penelitian.

Wijen Mempunyai Banyak Manfaat

Beberapa zat yang ada dalam wijen antara lain gliserida (asam oleat, linoleat, palmitat, stearat, miristinat), sesamin, sesamolin, sesamol, lignans, pedaliin, planteose, sitokrom C, protein, prantosa, vitamin A, B1, dan E. Wijen banyak kegunaannya. Bisa untuk pencegahan, pengobatan, dan perawatan.

Untuk preventif wijen berkhasiat mencegah kerontokan rambut, penuaan, kanker, penyakit degeneratif, rambut beruban, stroke, hipertensi, dan lain-lain. Untuk pengobatan, wijen dimanfaatkan dalam mengatasi penyakit batuk, katarak, sakit perut-diare, sakit kepala, kencing nanah, kencing manis, sembelit, beser (sebentar-sebentar kencing), rematik, dan luka-luka.

Wijen (Sesamun indicum L.) bisa tumbuh di daerah kering sebab tumbuhan ini berasal dari daerah Afrika topik. Ciri wijen ditunjukkan dengan letak daunnya yang saling berhadapan, bertangkai panjang. Buah terletak di antara batang dan pangkal daun. Di buah inilah terdapat biji wijen yang dapat dimanfaatkan untuk bahan makanan maupun pengobatan.

Wijen Mempunyai Banyak Manfaat

Kandungan :

  • Gliserida.
  • Sesamin.
  • Sesamolin.
  • Lignans.
  • Pedaliin.
  • Planteose.
  • Sitokrom.
  • Vitamin (A, B1, dan E).

Khasiat :

Biji Sesamun indicum berkhasiat sebagai obat luka, obat batuk dan obat perut nyeri. Khasiat lain adalah sebagai pencegah kanker.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri