Daun Mangkokan Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Kekayaan sumber alam Indonesia sendiri sangatlah beragam.Dari berbagai keragaman yang ada,mungkin hanya sebagian saja yang baru diteliti maupun dikaji. Salah satu keragaman tersebut adalah berbagai macam tumbuhan obatan, juga buah-buahan yang dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Adanya berbagai macam obat yang mempunyai efek terhadap pemakaian jangka panjang,menyebabkan lebih selektif  dengan pemilihan pengobatan yang ada.,sehingga beberapa sudah mulai beralih ke pengobatan herbal yang lebih aman serta lebih terjangkau.

Daun Mangkokan Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Tumbuhan ini sering ditanam sebagai tanaman hias atau tanaman pagar, walaupun dapat ditemukan tumbuh liar di ladang dan tepi sungai. Mangkokan di sini jarang atau tidak pernah berbunga, menyukai tempat terbuka yang terkena sinar matahari atau sedikit terlindung, dan dapat tumbuh pada ketinggian 1 – 200 m dp1. Perdu tahunan, tumbuh tegak, tinggi 1- 3 m. Batang berkayu, bercabang, bentuknya bulat, panjang, dan lurus. Daun tunggal, bertangkai, agak tebal, bentuknya bulat berlekuk seperti mangkok, pangkal berbentuk jantung, tepi bergerigi, diameter 6-12 cm, pertulangan menyirip, warnanya hijau tua. Bunga majemuk, bentuk payung, warnanya hijau. Buahnya buah buni, pipih, hijau. Biji kecil, keras, dan berwama cokelat. Zaman dahulu, dalam keadaan darurat daunnya digunakan sebagai piring atau mangkok untuk makan bubur sagu sehingga dinamakan daun mangkok. Daun muda dapat dimakan sebagai lalap, urapan mentah, atau direbus dan dibuat sayur. Daunnya juga dapat dimanfaatkan untuk makanan ternak. Perbanyakan dengan setek batang.

Nama Mangkokan (Nothopanax scutellarium Merr.) diambil dari bentuk daunnya yang menyerupai mangkok. Jaman dulu, fungsinya juga seperti mangkok sebagai wadah makanan yang berkuah. Tidak hanya berfungsi sebagai mangkok alami, daun Mangkokan juga berfungsi dalam pengobatan.

Kandungan.

  • Kalsium oksalat.
  • Vitamin (A, B1, dan C).
  • Lemak.
  • Protein.

Khasiat.

Beberapa pengobatan mempercayai, Mangkokan dapat menyembuhkan penyakit :

  • Sukar kencing.
  • Rambut rontok.
  • Radang payudara.
  • Luka.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

cara melebatkan bulu kemaluan, pepek anak SD, DAUN wisa, cara membuat handbody racikan makassar, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri