Teror Malam Adalah Gangguan Tidur Pada Anak

Salah satu yang membuat si anak bangun tanpa alasan yang jelas kerap disebut teror malam/night terrors. Kondisi ini adalah dimana biasanya si anak terbangun sambil menangis, menjerit bahkan ketakutan terhadap sesuatu baik dengan mata tertutup atau bahkan mata terbuka. Namun sebetulnya mereka tetap dalam keadaan tertidur. Belum diketahui secara pasti apa penyebab teror malam/night terror. Ada yang bilang karena terlalu lelah dan ada juga yang bilang kurang tidur.

Teror malam biasanya terjadi 1/2 jam sampai 3 1/2 jam setelah tertidur. Selama episode ini orang bangun berat berkeringat, hati mereka berdebar-debar dan mata berkaca-kaca, berteriak dalam ketakutan. Mereka tidak menyadari lingkungan mereka dan tidak responsif terhadap upaya untuk menghibur mereka. Mereka mungkin tidak tenang selama 10 atau 15 menit, meskipun mereka kembali tidur dengan cepat sekali episode berakhir.

Teror Malam Adalah Gangguan Tidur Pada Anak

Gejala.

Secara tiba-tiba bangun dari tidur, terus-menerus takut atau teror yang terjadi pada malam hari, menjerit-jerit, berkeringat, bingung, detak jantung cepat, ketidakmampuan untuk menjelaskan apa yang terjadi, biasanya tidak ingat dari “mimpi buruk” atau merasa melihat gambar menakutkan. Banyak orang melihat laba-laba, ular, binatang atau orang-orang di ruangan, tidak dapat sepenuhnya terjaga, sulit untuk kenyamanan, tanpa ingat peristiwa pada kebangkitan hari berikutnya.

Pengobatan.

Gangguan ini akan menghilang di masa remaja, sehingga standar perawatan medis tidak diperlukan. Dokter mungkin menyarankan orangtua untuk menyesuaikan kebiasaan tidur anak untuk memungkinkan lebih banyak waktu tidur, dan menghilangkan stres dalam kehidupan anak.

Selain itu, orangtua harus menentukan kapan malam teror biasanya terjadi dan sepenuhnya membangunkan anak sekitar 15 menit sebelum waktu itu. Setelah 4 atau 5 menit, anak dapat kembali tidur. Nyata akan dihentikan setelah menghentikan teror, yang dalam sebagian besar keadaan biasanya dalam waktu seminggu.

Pada kasus yang parah teror malam dokter mungkin meresepkan antidepresan seperti imipramine (Tofranil) atau obat yang disebut chlordiazepoxide benzodiazepine yang meredakan ketegangan dan kegugupan atau juga insomnia.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

cara melebatkan bulu kemaluan, pepek anak SD, DAUN wisa, cara membuat handbody racikan makassar, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri