Penyakit Nyeri Siku Saat Bermain Tenis

Nyeri siku adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh peradangan pada tendon pada tonjolan tulang luar (epikondilus lateral) dari siku. Gerakan berulang tertentu pergelangan tangan dapat menyebabkan kondisi ini. Tennis elbow bisa terjadi pada siapa saja yang strain tendon lengan bawah dan tidak terbatas pada pemain tenis.

Tennis elbow atau lateral epicondylitis adalah nyeri yang terjadi ketika tendon yang menyambungkan otot siku dengan tulang terlalu banyak berkontraksi, biasanya ketika menggerakan pergelangan tangan dan lengan secara berulang-ulang.

Penyakit Nyeri Siku Saat Bermain Tenis

Tennis elbow juga dapat disebabkan karena melakukan pukulan backhand yang kurang sempurna pada permainan tenis. Namun banyak juga pekerjaan dan gerakan berulang-ulang pada pergelangan tangan dan lengan yang dapat menyebabkan tennis elbow.

Rasa sakit akibat tennis elbow terjadi pada tendon otot-otot lengan yang menempel pada tonjolan tulang siku bagian luar. Nyeri juga dapat menyebar ke lengan dan pergelangan tangan.

Istirahat dan memakai obat penghilang rasa sakit seringkali membantu meringankan gejala tennis elbow. Jika pengobatan konservatif tidak membantu atau gejalanya menyebabkan sulit beraktifitas, dokter mungkin menyarankan operasi.

Penyakit Nyeri Siku Saat Bermain Tenis

Gejala.

Rasa sakit akibat tennis elbow menyebar dari bagian luar siku menuju lengan bagian bawah dan pergelangan tangan. Rasa nyerinya dapat menyebabkan sulit menggoyangkan tangan, memutar kenop pintu, bahkan sulit mengangkat secangkir kopi

Penyebab.

Tennis elbow disebabkan ketegangan dan cedera otot yang berlebihan. Penyebabnya adalah kontraksi berulang-ulang otot lengan yang digunakan untuk meluruskan atau mengangkat pergelangan tangan.

Gerakan berulang dan tekanan pada jaringan tersebut dapat menyebabkan peradangan pada tendon yang melekatkan antara otot-otot lengan dengan tonjolan tulang siku bagian luar.

Bermain tenis, terutama melakukan stroke backhand berkali-kali dengan teknik yang buruk merupakan salah satu penyebab tennis elbow. Namun banyak juga gerakan lengan lainnya yang dapat menyebabkan tennis elbow, termasuk :

  • Menggunakan alat-alat reparasi.
  • Melukis.
  • Membetulkan sekrup.
  • Memotong bahan-bahan untuk memasak, terutama daging.
  • Menggunakan mouse komputer secara berlebihan.

Penyakit Nyeri Pada Siku Saat Bermain Tenis Lapangan

Perawatan dan obat-obatan.

Tennis elbow sering sembuh dengan sendirinya. Tetapi jika obat penghilang sakit dan perawatan lainnya tidak cukup membantu, dokter akan menyarankan terapi fisik. Untuk kasus yang parah, mungkin diperlukan pembedahan.

Terapi.

Dokter mungkin menyarankan teknik tenis atau tugas-tugas pekerjaan tertentu untuk mengurangi tekanan pada jaringan yang terluka.

  • Latihan.

Dokter atau ahli terapi fisik mungkin menyarankan latihan secara bertahap dengan cara meregangkan dan memperkuat otot-otot, terutama otot lengan.

  • Penjepit. D

okter juga mungkin menyarankan pasien memakai tali lengan atau penjepit untuk mengurangi tekanan pada jaringan yang terluka.

Operasi.

Jika gejala tidak membaik setelah setidaknya satu tahun terapi biasa, mungkin perlu dilakukan pembedahan untuk mengangkat jaringan yang rusak.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

cara melebatkan bulu kemaluan, pepek anak SD, DAUN wisa, cara membuat handbody racikan makassar, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri