Schistosomiasis Disebabkan Parasit Cacing Pipih Trematode

Schistosomiasis (juga dikenal sebagai bilharzia, bilharziosis atau demam siput) adalah penyakit parasit yang disebabkan oleh beberapa spesies kebetulan dari genus Schistosoma””.

Meskipun memiliki tingkat kematian rendah, schistosomiasis sering adalah penyakit kronis yang dapat merusak organ-organ internal dan, pada anak-anak, mengganggu pertumbuhan dan perkembangan kognitif.

Schistosomiasis Disebabkan Parasit Cacing Pipih Trematode

Schistosomiasis atau biharzia adalah penyakit yang disebabkan parasit cacing pipih trematode dari genus Schistosoma. Bentuknya berupa larva parasit yang dibawa siput air tawar, larva tersebut menembus kulit orang di dalam air.

Dalam tubuh, larva kemudian berkembang dalam pembuluh darah. Betina melepaskan telur, beberapa diantaranya dikeluarkan dari dalam tubuh melalui air seni dan tinja.

Penyakit ini tidak mengakibatkan kematian. Pada anak-anak schistosomiasis dapat menyebabkan anemia dan berkurangnya kemampuan belajar.

Data WHO menunjukkan bahwa penyakit ini menimpa 200 juta orang di seluruh dunia, dan 650 juta orang tinggal di daerah endemik. Penyakit ini terutama terjadi di Afrika.

Parasit Cacing Pipih Trematode Pada Anak-Anak

Gejala.

Perut membuncit, diare, dan darah dalam tinja.

Perawatan.

Pengendalian penyakit ini melalui terapi obat, kontrol perrtumbuhan bekicot, dan perbaikan sanitasi.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

url:avatars mds yandex net/get-images-cbir/12846303/uIW2bgo5cItDpX8diqZpww6850/orig, pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat