Diare Disebabkan Oleh Rotavirus

Diare pada anak masih merupakan masalah kesehatan di Indonesia, karena angka kesakitan dan kematiannya yang masih tinggi. Dengan angka kejadian 2-3 episode per anak per tahun, maka akan terdapat sekitar 60-90 juta kasus diare pada anak balita. Hasil penelitian di berbagai negara Asia menunjukkan diare memberikan kontribusi sebagai penyebab kematian sekitar 15% pada balita. Kurang lebih separuh kasus diare tersebut disebabkan oleh rotavirus.

Rotavirus merupakan penyebab tersering diare berat pada bayi dan anak di seluruh dunia, Berdasarkan analisis data, di dunia dalam setahun akan terjadi 111 juta epidod infeksi rotavirus, 25 juta diantaranya dirawat jalan, 2 juta dirawat inap dan 440.000 sampai 611.000 meninggal terutama di negara berkembang. Angka kematian tersebut merupakan 5 persen dari seluruh kematian pada balita.

Diare Disebabkan Oleh Rotavirus

Rotavirus adalah penyebab paling umum diare yang parah pada bayi dan anak-anak di seluruh Indonesia. Kebanyakan anak diserang rotavirus pada usia 2 atau 3.

Sebagian besar penderita infeksi rotavirus dapat diobati dengan cairan tambahan untuk mencegah dehidrasi. Kadang-kadang, dehidrasi yang parah memerlukan cairan infus di rumah sakit. Namun jika dehidrasi tidak diatasi bisa menyebabkan kematian.

Gejala.

Segera dibawa ke dokter jika ditemukan gejala berikut pada anak :

  • Diare berdarah.
  • Sering muntah selama lebih dari tiga jam.
  • Suhu tubuh mencapai 38,9 derajat Celcius atau lebih tinggi.
  • Tampak lesu atau kesakitan.
  • Mulut kering, menangis tanpa air mata, sedikit atau tidak buang air kecil sama sekali, mengantuk yang tidak biasa (dehidrasi).

Pada orang dewasa :

  • Sering muntah selama lebih dari dua hari.
  • Muntah darah.
  • Darah dalam gerakan usus.
  • Suhu tubuh mencapai > 40 C.
  • Rasa haus berlebihan, mulut kering, sedikit atau tidak buang air kecil, pusing (dehidrasi).

Diare Disebabkan Oleh Rotavirus

Perawatan.

Tidak ada pengobatan khusus untuk infeksi rotavirus. Antibiotik tidak akan membantu infeksi virus. Biasanya, infeksi berhenti sendiri dalam waktu tiga sampai delapan hari. Perawatan yang dapat dilakukan adalah mencegah dehidrasi dengan memberikan oralit. Jika dehidrasi parah mungkin memerlukan cairan infus di rumah sakit.

Pencegahan.

Pencegahan terbaik adalah mencuci tangan sebelum makan.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri