RahimTurun Karena Kelemahan Otot Panggul

Loading...

Istilah peranakan turun lebih populer di masyarakat ketimbang penyebutan sebenarnya rahim turun (prolapsed uterus). Apa yang terjadi sampai banyak perempuan mengalami peranakan turun? Rahim (tempat janin berkembang) normalnya terletak di dalam pelvis dengan berbagai otot, jaringan dan ligamen yang mendukungnya. Beberapa kali melakukan persalinan normal melalui vagina.

Kelemahan pada otot panggul setelah berusia lanjut. Melemahnya atau hilangnya kekuatan jaringan setelah menopause dan menurunnya kadar estrogen alami.Kondisi yang menyebabkan peningkatan tekanan dalam perut seperti batuk kronis, terlalu mengejan akibat sembelit, tumor panggul atau adanya akumulasi cairan di perut. Kelebihan berat badan atau obesitas dan adanya beban tambahan terhadap otot panggul. Operasi secara radikal di daerah panggul yang menyebabkan hilangnya dukungan eskternal.Sering mengangkat beban yang berat.

RahimTurun Karena Kelemahan Otot Panggul

Pada gangguan ini terjadi penurunan rahim dari posisi normal di panggul melorot ke daerah vagina. Pada kondisi normal rahim ditahan otot dan sendir yang membentuk panggul. Penurunan rahim ini terjadi saat otot dan sendi panggul melakukan peregangan. Sehingga, tidak dapat mendukung organ-organ panggul. Akibat lanjut rahim melorot ke vagina.

Penyebab rahim turun antara lain, kehamilan dan persalinan, tumor, penuaaan atau menopause, obesitas, batuk kroni, angkat berat, faktor genetika, operasi rahim sebelumnya, atau cedera tulang belakang.

Gejala.

umum antara lain rasa tekanan pada panggul, merasa duduk di atas bola kecil, nyeri di panggul, ada penonjolan jaringan dari vagina. Terkadang terjadi pendarahan vagina, sulit melaukan intercouse, nyeri saat kencing, dan sulit buang air besar.

Perawatan.

Perawatan dilakukan jika muncul gejala atau terjadi gangguan. Rahim turun dapat dirawat dengan operasi pada vagina.

Loading...