Ptosis Adalah Kelopak Mata Yang Turun

Kelopak mata yang turun atau menggantung serta tidak dapat membuka dengan sempurna, secara medis disebut dengan Ptosis. Pada kondisi ini kelopak mata tidak dapat membuka dengan optimal saat memandang lurus ke depan dan ukuran kelopak terlihat lebih kecil dibandingkan mata normal.

Secara garis besar ptosis dibagi menjadi 2 jenis yaitu :

  • Congenital Ptosis.
  • Acquired Ptosis.

Congenital Ptosis merupakan ptosis bawaan sejak lahir dan biasanya hanya mengenai satu mata. Ini terjadi karena kesalahan pembentukan otot kelopak mata serta kerusakan saraf akibat lemahnya otot rektus superior.

Ptosis Adalah Kelopak Mata Yang Turun

Ptosis juga disebut “kelopak mata kendur atau lunglai”. Hal ini disebabkan oleh kelemahan otot yang bertugas membesarkan kelopak mata, kerusakan pada saraf yang mengendalikan otot-otot, atau kelemahan dari kulit kelopak mata atas. Kelopak mata terkulai dapat disebabkan oleh proses penuaan normal, sebuah kelainan bawaan (ada sebelum kelahiran), atau akibat dari suatu cedera atau penyakit. Faktor risiko meliputi diabetes, stroke, Horner’s syndrome, myasthenia gravis, dan tumor otak atau kanker, yang dapat mempengaruhi reaksi saraf atau otot.

Gejala.

  • Salah satu atau kedua kelopak mata melorot.
  • Kelopak rawan robek.
  • Jika ptosis parah, dapat mempengaruhi peglihatan.

Perawatan.

Jika penyakit yang mendasarinya ditemukan, perawatan dapat dilakukan perawatan khusus. Namun kebanyakan kasus yang berhubungan dengan penuaan, tidak ditemukan penyakit yang mendasari. Koreksi bedah dapat dilakukan untuk memperbaiki penampilan dari kelopak mata dalam kasus-kasus lebih ringan jika pasien keinginan itu. Pembedahan mungkin diperlukan untuk mengoreksi gangguan dengan visi dalam kasus-kasus yang lebih berat. Pada anak-anak dengan ptosis, bedah koreksi mungkin diperlukan untuk mencegah ambliopia.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri