Pitriyasis Versicolor Adalah Jenis Penyakit Kulit

Loading...

Panu (Pitriyasis versicolor) adalah jenis penyakit kulit yang cukup ditakuti terutama untuk remaja muda. Bukan karena menular dan mematikan. Tapi, karena orang yang terkena penyakit ini sering dikaitkan dengan orang yang kurang mampu menjaga kebersihan. Selain itu, sering menyebabkan gatal saat kulit berkeringat.

Panu (Pitriyasis versicolor) dapat menyerang di banyak bagian tubuh kita, mulai dari dada, lengan, leher, kaki, dll tanda ini disertai dengan patch gatal timbul adalah putih, cokelat, atau merah tergantung warna kulit. Alasannya tidak lain adalah jamur. Hal ini biasanya terjadi saat kulit pakaian kami basah dan dilindungi.

Pitriyasis Versicolor Adalah Jenis Penyakit Kulit

Panu (Pitriyasis Versikolor) ditunjukkan dengan berwarna pada kulit. Warnanya bervariasi dari putih hingga coklat kehitaman dengan batas yang sangat tegas dibandingkan warna kulit di sekitarnya. Bila kulit yang terkena panu tersebut dikerok maka akan keluar serpihan-serpihan keputihan. Panu seringkali muncul di punggung atau leher belakang.

Penyebab dari penyakit “memalukan” ini adalah keringat yang dibiarkan menempel pada kulit dalam waktu yang lama. Kotoran tersebut lama-kelamaan menjadi jamur yang menyebabkan panu muncul.

Gejala.

Bercak berwarna pada kulit dengan batas sangat tegas dibanding warna kulit di sekitarnya.

Pengobatan.

Panu umumnya diobati dengan anti jamur topikal. Pengobatan ini membasmi panu secara temporer. Untuk itu perlu diulangi secara rutin dan teratur untuk mencegah panu kambuh lagi.

Loading...