Penyakit Enuresis Pada Anak-Anak

Enuresis adalah keluarnya kencing yang sering terjadi pada anak-anak umumya pada malam hari.Enuresis yang biasa dikenal dengan istilah mengompol ini,jika terjadi di malam hari disebut dengan enuresis nocturnal,dan jika terjadi pada siang hari disebut dengan enuresis diurnal.

Pada umunya enuresis terjadi pada 10 % anak usia 5 tahun dan 5 % anak usia 10 tahun,jika enuresis ini terjadi pada anak yang lebih tua maka hal ini merupakan sesuatu abnormalitas dan menunjukan kandung kemih yang tidak stabil.

Penyakit Enuresis Pada Anak-Anak

Enuresis terbagi menjadi 2 yaitu :

  1. Enuresis primer.
  2. Enuresis sekunder.

Enuresis primer terjadi pada saat anak lahir sampai beranjak usia berkisar 5 atau 6 tahun dan mengompolnya tidak terputus sama sekali.

Berbeda dengan enuresis sekunder.Enuresis sekunder terjadi ketika anak sudah memiliki masa “kering”( masa dimana anak sudah tidak mengompol lagi ),tetapi anak tersebut mengalami enuresis kembali.Hal ini desebabkan karena kondisi kejiwaaan anak yang tidak stabil,seperti anak merasa tertekan,kematian,pindah rumah ataupun karena ada masalah dengan teman di sekolah.

Enuresis adalah nama medis untuk mengompol, atau sengaja buang air kecil pada anak-anak yang belum bisa mengontrol kandung kemih mereka. Anak perempuan biasanya lebih cepat bisa mengontrol kandung kemihnya dibanding anak laki-laki. Diagnosis enuresis diperlukan pada anak perempuan yang berusia di atas lima dan untuk anak laki-laki yang berusia di atas enam yang masih mengompol.

Ngompol Pada Anak-Anak

Beberapa jenis mengompol, antara lain :

  • Enuresis diurnal yaitu Mengompol pada siang hari.

  • Nokturnal enuresis yaitu Mengompol pada malam hari.

  • Enuresis primer yaitu Terjadi ketika anak tidak bisa kencing di toilet.

Pengobatan.

Pengobatan khusus untuk enuresis akan ditentukan oleh dokter berdasarkan :

  • Usia anak, kesehatan secara keseluruhan, dan sejarah medis.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

url:avatars mds yandex net/get-images-cbir/12846303/uIW2bgo5cItDpX8diqZpww6850/orig, pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat