Kerusakan Pada Gendang Telinga

Barotitis Media (Aerotitis, Barotrauma) adalah gangguan telinga yang terjadi akibat perubahan tekanan udara di telinga luar dan telinga tengah yang dipisahkan oleh gendang telinga. Gendang telinga merupakan pemisah antara saluran telinga dan telinga tengah. Jika tekanan udara di dalam saluran telinga dan tekanan udara di dalam telinga tengah tidak sama, maka bisa terjadi kerusakan pada gendang telinga.

Barotitis adalah peradangan pada telinga yang disebabkan oleh perubahan tekanan atmosfer. Kondisi ini juga disebut aerotitis. Barotitis merupakan masalah peradangan atau pendarahan di telinga tengah disebabkan oleh perbedaan antara tekanan udara di telinga tengah dan atmosfir seperti saat di ketinggian, menyelam, atau hampa udara.

Kerusakan Pada Gendang Telinga

Penyebab.

Penyebab terjadinya barotrauma adalah penyumbatan pada tuba eustakius. Jika tuba eustakius mengalami penyumbatan sebagian maupun penyumbatan total akibat adanya jaringan parut, infeksi atau alergi, maka udara tidak akan sampai ke telinga tengah dan terjadilah perbedaan tekanan.

Faktor resiko terjadinya barotrauma adalah :

  •     Perubahan ketinggian : misalnya penerbangan, menyelam atau bepergian ke daerah pegunungan.
  •     Hidung tersumbat akibat alergi, pilek atau infeksi saluran nafas atas.

Gendang Telinga

Gejala :

Sakit di telinga dan sakit gigi merupakan ciri khas penyakit ini. Penderita akan merasakan nyeri pada salah satu atau kedua telinganya, yang disertai dengan hilangnya pendengaran yang sifatnya ringan. Penderita juga merasakan telinganya penuh dan pusing. Jika keadaannya berat atau berlangsung lama maka ketulian bisa bertambah berat, penderita merasakan adanya tekanan di dalam telinganya dan mungkin akan terjadi perdarahan hidung.

Perawatan :

Seseorang dengan infeksi akut pernafasan atas atau reaksi alergi dianjurkan untuk tidak terbang atau menyelam. Namun, jika kegiatan tersebut terpaksa dilakukan, suatu vasokonstriktor hidung seperti phenylephrine 0,25 persen dioleskan 30 menit sebelum melakukan aktifitas penerbangan atau penyelaman dapat membantu mengatasi masalah ini.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri