Penyakit Bisul Di Daerah Folikel Rambut Kulit

Penyakit bisul adalah kumpulan nanah terkumpul di dalam rongga yang terbentuk oleh jaringan akibat proses infeksi (biasanya disebabkan oleh bakteri atau parasit) atau materi asing (contohnya. luka tikaman / tembakan). bisul merupakan sistem ketahanan diri tisu untuk mencegah penyebaran bahan menular ke bagian tubuh yang lain.

Organisme atau bahan asing yang memasuki sebagian jaringan membunuh sel sekeliling, membebaskan racun dan menyebabkan reaksi peradangan dengan menarik banyak sel darah putih ke daerah tersebut dan meningkatkan aliran darah di sekeliling. Dengan itu, nanah adalah kelompok sel jaringan yang mati, sel darah putih, organisme yang menular atau bahan asing dan toksin yang dibebaskan oleh kedua organisme dan sel darah. Sturktur akhir bisul adalah dinding bisul yang terbentuk oleh sel sehat dalam cobaan mendirikan halangan sekeliling nanah yang membatasi bahan menular dari struktur di sekelilingnya.

Penyakit Bisul Di Daerah Folikel Rambut Kulit

Bisul merupakan radang pada daerah folikel rambut kulit dan sekitarnya. Penyebab tersering adalah bakteri staphylococcus aureus. Mulanya hanya folikel rambut yang terinfeksi, namun kemudian karena adanya gesekan, iristasi, dan kurang merawat tubuh infeksi tersebut dapat menyebar ke jaringan sekitarnya dan menjadi bisul. Penyebab lain bisa juga terjadi karena rambut yang tumbuh ke dalam yang menyebabkan luka sehingga benda asing masuk ke kulit.

Bisul berawal dari benjolan merah dan lunak di daerah kulit, yang lama-kelamaan menjadi keras. Kemudian di tengah benjolan itu terbentuk puncak berwarna putih yang akan memecah atau harus dikeluarkan.

Ada beberapa jenis bisul; akne kista biasanya terjadi di kulit wajah remaja, hidranetitis suppurativa di sebabkan radang lokal kalenjar keringat. Bisul jenis ini timbul lebih dari satu buah, lokasinya di daerah ketiak atau pangkal paha, kista pilonidal biasanya tumbuh di lipatan pantat. Mulanya hanya berupa infeksi di folikel rambut, kemudian ditambah iritasi dari tekanan akibat duduk terlalu lama.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri