Profesi Pelayanan Kesehatan Dokter Gigi

Profesi kedokteran dituntut untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik, apalagi kini cakupan ilmu telah berkembang luas. Ilmu kedokteran gigi dan psikologi, walaupun sering dipisahkan dari kedokteran umum, tetap menjadi bagian satu kesatuan ilmu kedokteran.

Seorang dokter dapat memiliki kemampuan spesialisasi (sudah menjalani pendidikan lanjut pasca sarjana) dan subspesialisasi yang disebut sebagai dokter spesialis. Penentuan spesialiasi dan gelarnya beragam di tiap negara.

Profesi Pelayanan Kesehatan Dokter Gigiemampuan dokter gigi dalam pelayanan kesehatan gigi, merupakan modal dasar upaya peningkatan derajat kesehatan gigi masyarakat. Bentuk pelayanan kesehatan yang seharusnya dilaksanakan dengan kemampuan dokter gigi meliputi kemampuan  peningkatan kesehatan gigi, pencegahan penyakit gigi, menemukan secara dini kasus gigi dan mulut serta melakukan tindakan pengobatan darurat, pembatasan penyakit gigi dan mulut serta upaya rehabilitasi terhadap kecacatan.

Komunikasi.

Penelitian-penelitian menggambarkan dalam perawatan kesehatan gigi ada dua arah. Dimana, dokter gigi dan pasien memberikan sumbangan pada hasil perawatan. Untuk mencapai kesehatan gigi yang optimal, pasien harus belajar untuk berkomunikasi dengan dokter giginya. Mengungkapkan setiap kekhawatiran yang dimiliki tentang prosedur perawatan  kepada dokter gigi tersebut. Dan jujur tentang gejala dan sakit gigi yang dialami. Jika dokter gigi mengetahui penyebab ketakutan pada pasien, maka dokter gigi akan waspada terhadap segala masalah gigi, dan bisa memodifikasi dan memberikan pengobatan terhadap rasa sakit dengan memilih cara yang paling nyaman untuk kebutuhan spesifik si pasien. Begitupula dengan dokter gigi, dokter gigi harus pandai dan baik dalam berkomunikasi dengan pasien apalagi pasien yang telah mencapai usia lansia yang sangat penting memahami karakternya masing-masing. Pelayanan Kesehatan Dokter Gigi

Dokter gigi juga harus menjelaskan tentang hasil diagnosis penyakit dan menjelaskan hal-hal yang harus diperhatikan  :

Pasien harus mengatur diet untuk mengurangi komponen nutrisi bagi koloni mikroba (mengurangi makanan dan minuman yang kaya akan karbohidrat dan kudapan antara waktu makan, pembersihan gigi yang sering dengan menyikat gigi untuk menghilangkan plak dan koloni mikroba dari permukaan gigi, fluoride harus digunakan untuk meningkatkan daya tahan email, pengontrolan plak setiap 2 bulan sekali untuk memeriksakan dan mengetahui kleadaan rongga mulut, dokter memberikan perawatan yang tepat dan terbaik untuk membuang atau menghilangkan plak di gigi pasien secara efektif dengan terapi fluor.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

Нарост на шейке матки, Склеродермия, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, pepek anak SD, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder