Waspadai Penyakit Barrett Esophagus

Barrett esophagus merupakan suatu perubahan metaplastik dari epitel esophagus normal menjadi epitel metaplasia intestinal yang dapat diketahui dari pemeriksaan endoskopik dan patologi. Meskipun ewtiologi dan faktor risiko Barrett esophagus belum sepenuhnya diketahui secara pasti, insiden Barrett esophagus dihubungkan dengan frekuensi dan durasi refluks gastroesofageal, hiatal hernia dan inkompeten sfingter esophagus bagian bawah.

Di Amerika Serikat,angka kejadian Barrets esophagus mencapai 1% dari seluruh penduduk dewasa, dengan usia rata-rata 50 tahun. Laki-laki lebih sering mengalami Barrett esophagus daripada perempuan, dengan angka perbandingan 2 :1.

Waspadai Penyakit Barrett Esophagus

Epitel metaplastik pada Barrett esophagus merupakan proses penyembuhan untuk melindungi esophagus terhadap kerusakan lebih lanjut akibat trauma oleh asam. Mekanisme perubahan epitel skuamosa menjadi epitel kolumnar metaplastik belum sepenuhnya dimengerti. Barrett esophagus berkembang ketika mekanisme pertahanan pada mukosa esophagus oleh mukus, bikarbonat, growth factor tidak mampu mengatasi trauma oleh ion hidrogen,pepsin,tripsin dan empedu dari lambung.

Barrett esophagus adalah suatu kondisi di mana warna dan komposisi dari dinding sel lebih rendah dibandingkan dinding kerongkongan, biasanya karena paparan berulang terhadap asam lambung.

Barrett esophagus yang paling sering didiagnosis pada orang yang memiliki penyakit reflux jangka panjang (GERD).

Barrett esophagus dapat meningkatkan risiko kanker kerongkongan. Meskipun risiko terserang kanker kecil, pemantauan dan pengobatan Barrett esophagus berfokus pada menemukan sel prakanker kerongkongan. Jika sel-sel prakanker ditemukan, kondisi dapat diobati untuk mencegah kanker kerongkongan.

 

Waspadai Penyakit Barrett Esophagus

Gejala :

Tanda-tanda Barrett esophagus dan gejala biasanya berkaitan dengan refluks asam dan mungkin mencakup :

  • Sering mulas.
  • Kesulitan menelan makanan.
  • Nyeri dada.
  • Muntah darah.

Perawatan.

Beberapa perawatan yang bisa dilakukan antara lain :

  • Pembedahan.
  • Menghilangkan sel rusak dengan endoma mukosa.
  • Menggunakan radiofrekuensi untuk menghilangkan jaringan abnormal.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri