Penyakit Angular Cheilitis

Angular cheilitis adalah inflamasi akut atau kronis pada sudut mulut yang ditandai dengan adanya flsur-fisur, retak-retak pada sudut bibir, berwarna kemerahan, mengalami ulserasi disertai rasa terbakar, nyeri dan rasa kering pada sudut mulut. Dapat mengenai orang tua, dewasa dan anak-anak. Banyak pendapat yang mengemukakan tentang etiologi dari angular cheilitis, antara lain defisiensi vitamin B kompleks, denture soremouth, defisiensi besi, kebiasaan bernafas melalui mulut, membasahi bibir dengan air ludah, menjilati samping mulut dan sering mengeluarkan air Iiur (mengences).

Angular cheilitis didiagnosa banding dengan lesi herpes Iabialis, ulser, impetigo dan lesi sifilis sekunder. Perawatan terhadap angular cheilitis adalah dengan menghilangkan faktor etiologinya. Harus diingat adanya infeksi merupakan hal sekunder. Bila penyebab primer tidak dikoreksi, perawatan terhadap infeksi tidak akan menghasilkan kesembuhan permanen.

Penyakit Angular Cheilitis

Cheilitis adalah istilah yang luas yang menggambarkan peradangan permukaan yang mempunyai ciri-ciri bibir kering dan pecah-pecah. Sedangkan angular cheilitis merupakan cheilitis yang terjadi pada sudut bibir.

Hasil penelitian yang melaporkan bahwa dengan meningkatkan kesehatan mulut melalui penggunaan permen karet yang mengandung xylitol atau chlorhexidine dapat menurunkan risiko mengalami Angular Cheilitis.

Penyebab.

Umumnya Angular Cheilitis disebabkan oleh pertumbuhan berlebihan dari jamur Candida, yang menghasilkan pecah-pecah dan sakit pada sudut mulut.

Gejala.

1. Sudut bibir kering.
2. Sudut bibir pecah-pecah.
3. Luka pada sudut bibir.
4. Sakit pada saat membuka mulut.
5. Bahkan sudut bibir dapat sampai berdarah.

Penyakit bibir pecah-pecah Angular Cheilitis

Pengobatan.

1. Salep anti jamur.

Salep antijamur, seperti Neosporin, dapat memberikan bantuan dan menyembuhkan infeksi yang menginfeksi bibir. Joel Gallant, MD, seorang profesor kedokteran di Johns Hopkins, merekomendasikan menggunakan obat antijamur untuk mengobati Angular Cheilitis, yang ditandai dengan peradangan dan luka pada permukaan bibir, di sudut mulut dan di sekitar mulut.

2. Obat antivirus.

Antivirus, seperti Valtrex, Famvir dan Zovirax, digunakan untuk mengobati herpes mulut yang merupakan kondisi menular yang menyebabkan munculnya luka dan pecah-pecah di sekitar mulut. Obat antivirus bekerja dengan memperlambat perkembangan virus, sehingga memungkinkan tubuh dapat melawannya.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

url:avatars mds yandex net/get-images-cbir/12846303/uIW2bgo5cItDpX8diqZpww6850/orig, pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat