Info Penyakit Atelektasis

Atelektasis sebenarnya bukan merupakan suatu jenis penyakit melainkan suatu keadaan yang berhubungan dengan adanya proses penyakit parenkim paru. Atelektasis sering dikaitkan dengan teriadinya kolaps alveolus, lobus, atau unit paru yang lebih besar.

Atelektasis mungkin disebabkan oleh obstruksi bronkhus. Obstruksi tersebut mengganggu jalannya udara dari dan ke alveoli yang normalnya menerima udara melalui bronkhus. Udara alveolar yang terperangkap terserap kembali ke pembuluh darah tetapi udara luar tidak dapat menggantikan udara yang diserap karena obstruksi. Akibatnya, bagian paru yang terisolasi mengalami kekurangan udara dan ukurannya menyusut. Hal ini menyebabkan bagian paru lainnya (sisanya) mengembang secara berlebihan. Secara istilah pengertian atelektasis adalah kolaps alveoli.

Info Penyakit Atelektasis

Atelektasis adalah suatu kondisi di mana bagian dari paru-paru menjadi pengap dan runtuh. Salah satu penyebab dari paru-paru yang pengap ini adalah asap rokok.

Gejala.

Gejala tergantung pada berapa banyak dari paru-paru yang terlibat. Seseorang mungkin tidak menyadari atelektasis jika hanya sebagian kecil dari paru-paru yang dipengaruhi. Tetapi, jika sebagian besar paru-paru yang terlibat, seseorang mungkin memiliki gejala-gejala berikut :

•   Sesak napas.
•   Kelelahan.
•   Demam.
•   Nyeri dada pada sisi yang terkena.
•   Sianosis, warna biru di kulit menunjukkan bahwa jaringan kekurangan oksigen.

Pencegahan.

Dalam beberapa kasus, seseorang mungkin dapat mengurangi risiko mengalami kondisi ini dengan berolahraga secara teratur dan dengan tidak merokok atau menghirup asap.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri