Peradangan Penyakit Sindrom Behcet

Sindroma Behcet adalah penyakit peradangan menahun dan sering mengalami kekambuhan, yang bisa menyebabkan rasa nyeri yang berulang pada luka di mulut, lepuhan di kulit, luka di alat kelamin dan sendi yang membengkak.

Mata, pembuluh darah, sistem saraf dan saluran pencernaan juga bisa mengalami peradangan. Sindroma ini 2 kali lebih sering mengenai laki-laki. Biasanya timbul pada usia 20an, tetapi kadang-kadang terjadi pada masa kanak-kanak. Penyakit ini jarang ditemukan di AS. Orang-orang dari negara-negara Mediterania, Jepang, Korea dan daerah sepanjang rute sutra melalui Cina, memiliki resiko tertinggi terhadap terjadinya sindroma ini.

Peradangan Penyakit Sindrom Behcet

Penyakit Behcet juga disebut sindrom Behcet adalah gangguan langka yang menyebabkan peradangan kronis pada pembuluh darah di seluruh tubuh. Penyebab pastinya tidak diketahui, tetapi mungkin disebabkan oleh gangguan pada autoimun, artinya sistem kekebalan tubuh keliru menyerang sel tubuh yang sehat. Faktor genetik dan lingkungan mungkin juga bertanggung jawab atas penyakit Behcet ini.

Peradangan penyakit Behcet menyebabkan berbagai gejala yang awalnya mungkin tampak tidak berhubungan. Tanda-tanda dan gejala penyakit Behcet bervariasi dari orang ke orang dan dapat datang dan pergi sendiri. Pengobatan bertujuan untuk mengurangi tanda dan gejala penyakit Behcet dan mencegah komplikasi serius, seperti kebutaan.

Gejala.

Gejala penyakit Behcet berbeda-beda tiap orang. Penyakit Behcet dapat menghilang dan muncul sendiri. Tanda-tanda dan gejala yang dialami tergantung pada bagian mana dari tubuh yang dipengaruhi oleh peradangan penyakit ini.

Penyakit Sindrom Behcet

Daerah tubuh yang umumnya terkena penyakit Behcet antar lain :

1. Mulut.

Sariawan yang menyakitkan adalah tanda yang paling umum dari penyakit Behcet ini. Luka sariawan biasanya sembuh dalam tujuh sampai 21 hari meskipun nanti muncul kembali.

2. Kulit.

Masalah kulit dapat bervariasi. Beberapa orang memiliki jerawat seperti luka pada tubuh. Yang lainnya dapat berupa bintil-bintil merah yang lembut pada kulit, terutama pada kaki bagian bawah.

3. Alat kelamin.

Luka di alat kelamin biasanya terjadi pada skrotum atau vulva. Luka genital biasanya menyakitkan dan dapat meninggalkan bekas luka.

4. Mata.

Penyakit Behcet dapat menyebabkan peradangan mata yang disebut uveitis. Uveitis menyebabkan satu atau kedua mata merah, nyeri dan penglihatan kabur. Gangguannya bisa datang dan pergi. Peradangan yang terjadi pada pembuluh darah retina merupakan komplikasi serius dari gangguan tersebut.

5. Sendi.

Pembengkakan dan nyeri sendi pada lutut. Pergelangan kaki, siku atau pergelangan tangan juga mungkin terkena. Tanda dan gejala dapat berlangsung satu sampai tiga minggu dan hilang dengan sendirinya.

6. Sistem peredaran darah.

Peradangan pada pembuluh darah dan arteri besar menyebabkan pembengkakan, kemerahan, nyeri dan pada lengan atau kaki. Peradangan pada arteri besar dapat mengakibatkan komplikasi, seperti aneurisma dan penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah.

7. Sistem pencernaan.

Penyakit Behcet dapat menyebabkan berbagai tanda dan gejala yang mempengaruhi sistem pencernaan, termasuk sakit perut, diare atau perdarahan.

8. Otak.

Penyakit Behcet dapat menyebabkan peradangan di otak dan sistem saraf yang mengarah ke sakit kepala, demam, gangguan atau stroke.

Sindrom Behcet

Penyebab.

Tidak diketahui apa yang menyebabkan penyakit Behcet. Kombinasi faktor genetik dan lingkungan ditengarai menjadi penyebab. Beberapa peneliti percaya bahwa virus atau bakteri dapat memicu penyakit Behcet pada orang-orang yang memiliki gen tertentu yang membuat mereka rentan terhadap penyakit ini.

Perawatan dan obat-obatan.

Tidak ada obat untuk penyakit ini. Jika tanda-tanda dan gejala penyakit Behcet masih ringan, dokter dapat menawarkan obat untuk mengontrol rasa sakit dan peradangan sementara.

Tapi jika tanda-tanda dan gejalanya lebih parah, dokter mungkin menyarankan pengobatan sistemik untuk mengontrol tanda-tanda dan gejala penyakit di seluruh tubuh. Beberapa faktor seperti usia dan jenis kelamin dapat mempengaruhi pengobatan.

Pengobatan.

Penyakit Behcet mungkin datang dan pergi sendiri dalam periode perkembangan dan pengurangannya. Dokter akan mengontrol tanda-tanda dan gejala yang dialami selama perkembangan penyakit dengan obat seperti :

1. Krim, gel dan salep kulit.
Obat-obatan ini digunakan langsung ke luka kulit dan kelamin untuk mengurangi peradangan dan nyeri. Jenis obat-obat biasanya mengandung kortikosteroid untuk mengurangi peradangan atau anestesi untuk menghilangkan rasa sakit.

2. Obat kumur khusus yang berisi kortikosteroid dan zat lain untuk mengurangi rasa sakit akibat luka mulut.

3. Obat tetes mata.
Obat tetes mata yang mengandung kortikosteroid atau obat anti-inflamasi dapat mengurangi rasa sakit dan kemerahan di mata.

Pengobatan sistemik.

Kasus penyakit Behcet yang parah memerlukan perawatan untuk mengontrol kerusakan. Obat yang dapat digunakan;

1. Kortikosteroid untuk mengendalikan peradangan.
Tanda-tanda dan gejala penyakit Behcet ini cenderung berulang bila hanya diatasi dengan kortikosteroid. Dokter sering meresepkan obat lain untuk menekan aktivitas sistem kekebalan tubuh (immunosupresif).

2. Obat imunosupresif untuk menekan sistem kekebalan tubuh yang berlebihan.
Obat imunosupresif penting dalam mengendalikan penyakit Behcet, yaitu; siklosporin azathioprine (Imuran, Azasan), (Sandimmune) dan cyclophosphamide (Cytoxan). Karena obat ini menekan sistem kekebalan tubuh, resiko infeksi dpat juga meningkat.

3. Obat yang mengatur sistem kekebalan tubuh Anda.
Interferon alfa-2b (Intron A) mengatur aktivitas sistem kekebalan tubuh untuk mengendalikan peradangan. Obat ini dapat membantu mengontrol luka kulit, nyeri sendi dan peradangan mata.

Interferon alfa-2b dapat dikombinasikan dengan obat lain. Baru-baru ini, penelitian kecil telah menyarankan bahwa obat yang menghalangi zat yang disebut tumor necrosis factor (TNF), seperti infliximab (Remicade) dan etanercept (Enbrel), mungkin efektif dalam mengobati beberapa bentuk penyakit Behcet ini.

4. Obat lain yang telah digunakan untuk mengobati penyakit Behcet termasuk colchicine dan methotrexate.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri