Manfaat Dari Susu Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Dari Susu Kedelai Bagi Kesehatan TubuhMEDIKALOGI.COM – Tentu semua orang sudah tahu atau pernah melihat yang namanya kedelai. Kedelai yang biasa digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan tahu atau pun tempe, kedelai juga bisa diolah menjadi susu yang pada akhirnya diberi nama dengan susu kacang kedelai.

Dengan manfaat dan khasiatnya kedelai yang luar biasa ini, sekarang telah banyak produsen-produsen yang menciptakan susu kacang kedelai dalam bentuk instant sehingga hal ini dapat mempermudah Anda yang ingin mendapatkan susu kacang kedelai tanpa harus kesulitan dalam proses pembuatannya.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa susu kacang kedelai buatan sendiri memang lebih unggul dari segi khasiatnya, hal ini dikarenakan tidak menggunakan bahan pengawet. Walaupun kandungan kalsiumnya tidak setinggi susu sapi, namun susu kedelai merupakan alternatif bagi mereka yang tidak suka atau alergi terhadap susu sapi.

Selain rasanya yang nikmat dan menyegarkan terutama saat dihidangkan dingin, susu kedelai juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti halnya pada susu sapi.

Manfaat susu kedelai

1.   Sumber protein.

Susu kedelai mengandung protein yang hampir sama banyaknya dengan susu sapi. Bedanya, protein dari susu kedelai merupakan protein nabati dimana sangat bermanfaat dalam mengurangi risiko terjadinya osteoporosis.

Kandungan fitoestrogen dalam susu kedelai dapat membantu mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh dan mencegah hilangnya massa tulang. Untuk mendapatkan hasil maksimal, pastikan Anda membeli susu kedelai yang mengandung vitamin D.

2.   Baik untuk jantung.

Susu kedelai sangat baik bagi kesehatan jantung karena jumlah lemak jenuh pada susu kedelai sangatlah sedikit. Lemak jenuh yang tinggi akan meningkatkan kadar kolesterol “buruk” (LDL) serta bisa meningkatkan risiko jantung. Susu kedelai mengandung lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. selain itu, susu kedelai tidak mengandung kolesterol, sehingga aman bagi anda yang takut gemuk.

3.   Tidak mengandung laktosa.

Kandungan laktosa yang ada pada susu sapi bisa membuat alergi pada orang tertentu. Oleh sebab itu, susu kedelai merupakan salah satu alternatif terbaik bagi mereka yang alergi terhadap susu sapi.

4.   Alternatif Bagi Bayi yang menderita galaktosemia.

Susu kedelai bisa menjadi alternatif dan aman untuk bayi dengan gangguan galaktosemia. Galaktosemia merupakan kelainan di mana kadar glaktosa yang tinggi dalam darah. Gangguan ini ditandai dengan kondisi bayi yang tidak toleran pada susu. Biasanya, tubuh bayi menampakkan beberapa gejala yang mengkhawatirkan seperti diare, kejang perut, kembung sampai gejala keracunan hati dan ginjal yang parah.

5.   Tidak menyebabkan alergi.

Selain sebagai minuman yang ideal untuk mereka yang tidak toleran terhadap laktosa dan yang menderita galaktosemia, susu kedelai tidak menyebabkan alergi karena bebas kasein, gluten, dan MSG.

6.   Membantu dalam penurunan berat badan.

Susu kedelai menyebabkan penurunan berat badan karena tiga alasan :

  1. Susu kedelai mengandung sedikit kalori.
  2. Susu kedelai mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat menghambat proses penyerapan lemak.
  3. Serat dalam susu kedelai memberikan perasaan kenyang dan membantu menjaga sistem pencernaan.

Itulah manfaat khasiat susu kedelai untuk kesehatan tubuh yang perlu kita ketahui. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat semuanya.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri